Kamis, 27 November 2014

Tugas Pengantar Bisnis 2

Bagaimana antisipasi generasi muda terhadap produk asing di Indonesia?

Menurut pendapat saya sebagai generasi muda, bahwa di pasar Indonesia banyak bermuncul produk-produk asing. Bahkan produk indonesia mulai dikalahkan oleh produk asing, Contohnya dalam produk makanan dan minuman. Dalam setahun terakhir ini produk makanan dan minuman dikuasai oleh produk asing. Di industri makanan dan minuman, produk adalah menjadi hal yang penting. Bisa dikatakan kini sudah menjadi kewajiban bagi para produsen untuk meningkatkan nama produknya. Di zaman sekarang, masyarakat Indonesia sebagian besar lebih suka dengan produk asing. Karena didukung dengan kualiatasnya dan terkenalnya si produk tersebut. Di media periklanan juga mulai dikuasai dengan produk asing karena untuk meningkat produk tersebut. Contoh makana asing yang populer di Indonesia adalah Fried Chicken KFC. Siapa yang tidak mengenal dengan Fried Chicken yang berlogo kakek tersenyum itu. KFC merupakan pelopor dunia barat untuk mengenalakan ayam goreng khas mereka yang digemari di Indonesia ini. Perusahaan Amerika Serikat ini telah sukses menjadi trend icon ayam goreng di Indonesia. 

Sebagai generasi muda Indonesia seharusnya mendukung produk lokal indonesia. Kata "I Love Produk Indonesia" seharusnya lebih dikembangkan. Hal yang anda harus ketahui juga, bahwa banyak produk Indonesia juga yang Go Internasional. Contohnya Mie Indomie. Seperti dilansir id.berita.yahoo, berdasarkan survei konsumsi mi per-orang, Indonesia berada pada urutan ke-2 dengan jumlah konsumsi 63 kemasan per-orang per-tahun setelah Korea Selatan dengan 69 kemasan per-orang. Mie sudah seperti menjadi salah satu makanan utama masyarakat Indonesia selain Nasi . Mi goreng Indomie adalah salah satu fovorit, tidak hanya di Indonesia, negara tetangga seperti Singapura, Brunei, dan Malaysia, bahkan sampai Nigeria pun menggemari-nya. Mi goreng Indomie ini juga telah sampai ke negeri asal-nya di China, termasuk Hongkong serta Eropa dan sejumlah negara Afrika. Luasnya distribusi tersebut, tidak salah bila Indofood dijuluki produsen mie instan terbesar di dunia. 

Antipasi sekarang ini menurut saya, cintailah produk indonesia agar produk indonesia dapat bersaing di pasar internasional. Saya berharap kepada presiden baru untuk harus memikirkan soal daya saing. Terlebih lagi, industri makanan-minuman sudah menjadi industri strategis. Lebih ditingkatkan lagi industri kecil di Indonesia, karena banyak yang belum terstandari. Atau pemerintah untuk bisa mengurangi impor produk asing. 

Terima kasih :)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Erwin Setiawan
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top